Welcome to my Blog! I want to share my stuff with you and hope you will find something useful here. Enjoy my collection and come back again and again, I will do my best to make it always interesting for you. Thank you for your time!

Senin, 19 Desember 2011

Selamatkan Bumi Kita

Menjaga dan melestarikan lingkungan adalah tanggung jawab kita semua. Bukan hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah atau pemerintahan desa. Menjaga lingkungan harus diawali dari lingkungan kita sendiri di rumah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pencemaran udara, air dan tanah. Diantaranya adalah sebagai berikut :


  1. Memilah sampah organik dan non organik.
  2. Membuang sampah pada tempatnya.
  3. Mengurangi penggunaan kantong plastik.
  4. Gunakan detergen yang ramah lingkungan dan tidak mencemari air.
  5. Memanfaatkan eceng gondok untuk menetralisir air solokan yang sudah terkontaminasi limbah rumah tangga atau limbah industri.
  6. Membangun rumah atau gedung dengan tidak terlalu banyak menggunakan kaca sehingga pantulan cahaya matahari dapat langsung dipantulkan ke lapisan atmosfir yang nantinya akan merusak lapisan ozon.
  7. Pergunakan pestisida yang alami sehingga tidak mengganggu ekosistem tanah, air dan udara. Misalnya memanfaatkan jahe, dan sereh dan sebagainya.
  8. Mengurangi penggunaan kosmetik yang bisa menimbulkan efek berbahaya bagi kulit manusianya sendiri atau lingkungan.
  9. Jangan menggunakan peralatan rumah tangga yang mengandung CFC karena akan mempercepat penipisan lapisan ozon.
  10. Menanam pohon atau tanaman peredu disekitar rumah atau lahan yang tandus.
  11. Menanami pinggir pantai dengan pohon bakau untuk menghindari abrasi dan ancaman dari bahaya tsunami.
  12. Bagi perusahaan yang diberi ijin pengelolaan hutan diharapkan jangan hanya mengambil keuntungan sebesar-besarnya tapi harus memperhatikan penanaman kembali hutan tersebut sehingga tidak terganggu ekosistem hutan tersebut.
  13. Mendaur ulang bahan-bahan yang bisa bisa dimanfaatkan kembali. Seperti plastik yang masih bisa dimanfaatkan atau dirubah bentuknya.
  14. Memanfaatkan bahan-bahan yang terbuat dari kertas atau plastik yang tidak terpakai untuk dibuat tas, dompet, atau sesuatu yang bisa dimanfaatkan.
  15. Jangan menggunakan kendaraan yang sudah tidak layak pakai dan mengeluarkan banyak timbal yang dapat merusak paru-paru manusia dan mengotori udara.
  16. Tidak merokok ditempat umum seperti bis umum, kereta api atau angkutan kota.
  17. Pemerintah memperingatkan perusahaan atau pabrik-pabrik yang mencemari lingkungan dengan memberi denda yang besar dan bertanggungjawab untuk memperbaiki lingkungannya tersebut.
  18. Mudah-mudahan dengan mengikuti saran-saran diatas kita bisa ikut menyelamatkan bumi dari kerusakan lebih cepat. Kita jangan hanya berpikir untuk masa sekarang tapi kita harus memikirkan masa yang akan datang. Demi bumi ini demi anak cucu kita nanti.


GO GREEN | SAVE OUR EARTH
Sumber : http://flazz-inside.blogspot.com/2011/11/selamatkan-bumi-kita-save-our-earth.html

Baca Juga :
Penyebab dan akibat Glabal Waming

!-- Share Post ! Support by sheltrart.blogspot.com-->

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung
jangan lupa untuk Follow blog ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Dapat uang melalui internet
Salju Shop - Kupon Diskon Ekslusif
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More